Senin, 23 Agustus 2010

Assallamu Alaikum...

Subuh di ramadhan yang menginjak hari ke13...
Wahai waktu, betapa cepat berganti...sejenak melupakan derita bathin, karena tak jua benar-benar
insyaf...ramadhan terus bergulir...semoga masih sempat berubah suasana kebathinan...
Memang kata orang,dunia menawarkan banyak pilihan,warna-warni kemegahan yang terus membuai mimpi anak2 Adam...itu wajar, manusia diberi pilihan, untuk memilih dan memilah...
dan sebagai manusia saya juga diberi kesempatan itu...hanya sayangnya pilihan yang paling banyak diambil adalah bagian kesenangan...i say its naturally, i am human, just ordinary human...why i must different with another?
Tapi dibayangi kesedihan akibat pilihan yang keliru maka setidaknya saya mendapat sedikit pencerahan ketika membaca artikel dari harian Kompas edisi minggu,22 Agustus 2010 adalah sebuah sms yg dikirim kepada pengisi kolom Samuel Mulya, his always try to explain what human can be...style, glamour, hesitate, unsatisfield or another, yang tak jauh-jauh dari keseharian manusia yang terbiasa lalai, cepat berbangga diri, suka nampang de es be...
Ha..,malah ngawur, intinya silahkan disimak saja tulisan (dari sms tsb) yang saya tuliskan kembali, silahkan...
Di Yunani kuno, Socrates terkenal memiliki pengetahuan yang tinggi dan sangat terhormat. Suatu hari seseorang datang padanya dan terjadilah percakapan berikut:
*Seseorang : "Tahukah Anda apa yang saya dengar tentang teman Anda?"
**Socrates : "Sebelum Anda menceritakan apa pun pada saya, saya akan memberikan suatu tes
sederhana. Triple Filter Test.
*Seseorang : "Triple Filter Test?"
**
Socrates : "Benar. Sebelum kita membicarakan tentang teman saya, saya kira bagus kalau
kita mengambil waktu beberapa saat dan menyaring apa yang Anda katakan.
"Filter pertama adalah Kebenaran." Apakah Anda yakin sepenuhnya bahwa yang
akan Anda katakan pada saya benar?"
*Seseorang : "Tidak," jawan orang itu. Sebenarnya saya hanya mendengar tentang itu."
**Socrates : "Baik. Jadi Anda tidak yakin itu benar." Baiklah sekarang saya berikan filter yang
kedua, filter kebaikan. Apakah yang akan Anda katakan tentang teman saya itu,
sesuatu yang baik?"
*Seseorang : "Tidak, malah sebaliknya."
**Socrates : "Jadi. Anda akan berbicara tentang sesuatu yang buruk tentang dia, tetapi Anda
tidak yakin apakah itu benar. Anda masih memiliki satu kesempatan lagi karena
masih ada satu filter lagi, yaitu filter kegunaan. Apakah yang akan Anda katakan
pada saya tentang teman saya itu berguna bagi saya?"
*Seseorang : "Tidak. Sama sekali tidak."
**Socrates : "Jadi, kalau Anda ingin mengatakan sesuatu yang belum tentu benar, buruk dan
bahkan tidak berguna, mengapa Anda harus mengatakannya kepada saya?"

End
____________________________________________________________________
Sekilas dialog yang sarat hikmah kebijaksanaan...bahwa bagian dari pilihan setiap manusia adalah memilah informasi haruslah cermat. Apatah lagi bila berhubungan dengan membicarakan "seseorang" entah saudara, kerabat, teman, tetangga, rekan bisnis atau siapa pun...karena info tidak layak dicerap bila tidak lolos tahapan Triple Filter Test, ada tiga poin penting info harus mengandung nilai kebenaran, ada kebaikan di dalamnya bahkan membawa manfaat...
Ya ALLAH, maaf hamba yang selama ini tidak sebijak itu dalam mengelola informasi...
semoga momentum ramadhan mampu memperbaiki hamba. Amin Ya Rabb.
ALLAH SWT yang di sisi Nya aku merasa hidupku terlindungi, yang mengingatNYA mampu menumbuhkan semangat...Terima kasih Ya ALLAH atas anugerah iman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar